Akreditasi A

Profile

MAN Salatiga merupakan Sekolah Negeri setingkat SLTA binaan Kementerian Agama. Kurikulum yang diberlakukan adalah Kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (sama dengan SMA) ditambah Kurikulum Kementerian Agama (meliputi Pelajaran Al Qur’an Hadits, Fiqh, Aqidah Akhlaq, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab).

Kualitas pendidikan sangat bergantung pada kualifikasi tenaga pendidiknya. Tenaga pendidik MAN Salatiga adalah alumni dari Perguruan Tinggi Negeri terakreditasi (seperti UGM, ITS, IPB, Unnes, UNS, Undip, IAIN, dan lain-lain). MAN Salatiga memiliki 16 tenaga pengajar berkualifikasi Magister dan 60 tenaga pengajar berkualifikasi Sarjana, dan 1 guru yang sedang menempuh program Doktor dan 1 guru Native dari Maroko. Sebanyak 58 tenaga pendidik telah tersetifikasi dan selebihnya dalam proses sertifikasi.

Lulusan MAN Salatiga memiliki kompetensi yang dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi Umum dan Perguruan Tinggi Agama Islam. Alumni MAN Salatiga telah diterima diberbagai Perguruan Tinggi Negeri Umum dan Agama Islam melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN (seperti Univ. Al Azhar Mesir, UGM, Unnes, UNS, Undip, UIN, IAIN, UNY dan lain-lain)