Akreditasi A

UPACARA KESAKTIAN PANCASILA

digijurnalist

Pelaksanaan Upacara Kesaktian Pancasila

Oleh Siswa Siswi MAN Salatiga

 

Salatiga – MAN Salatiga merupakan sekolah yang terkenal dengan nilai agamanya. Tidak hanya agama, MAN Salatiga juga sekolah yang kental dengan jiwa patriotismenya. Dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila, seluruh siswa dan siswi MAN Salatiga melaksanakan upacara di halaman madrasah, Selasa (1/10/2019) . Upacara ini tidak hanya dilaksanakan oleh para siswa dan siswi MAN Salatiga, tetapi juga diikuti oleh para guru, staf, dan karyawan madrasah tersebut. Upacara tersebut dilaksanakan dengan sederhana, khidmat, dan tertib. Pada upacara kali ini madrasah mengusung tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju Dan Bahagia.” Walaupun dilaksanakan secara sederhana, upacara tersebut diharapkan dapat membuat siswa dan siswi paham akan makna Pancasila.\

by digijurnalist team

 “Generasi sekarang harus lebih paham karena Pancasila sebagai filosofi bangsa, sebagai pandangan hidup bangsa sehingga sudah selayaknya berada dalam generasi muda zaman sekarang. Anak MAN harus paham dengan makna itu karena Pancasila tidak bertentangan dengan agama yang kita yakini.” Kata Handono S.Ag, M.Pd selaku kepala sekolah MAN Salatiga.

“Ke depan, anak-anak MAN semakin yakin, semakin bisa mengklasifikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga benar-benar paham akan Pancasila itu adalah dasar negara dan filosofi bangsa yang harus di aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.” Tambah Handono S.Ag, M.Pd.

Prosesi upacara diawali dengan penghormatan umum kepada pembina upacara yaitu Drs. H. Hadi Mulyanto M.Si sebagai Waka Kurikulum, kemudian dilanjutkan dengan laporan pemimpin upacara bahwa upacara telah siap, lalu dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan naskah ikrar, pembacaan doa, laporan komandan upacara bahwa upacara telah selesai, dan diakhiri dengan penghormatan umum pada inspektur upacara.

by digijurnalist team 1.0 MANSALATIGA

 

Ada yang menarik pada upacara kali ini, yaitu MAN Salatiga kembali memborong sederet penghargaan. Dicabang olahraga ada Kejuaraan Nasional Pencak Silat Tugu Muda Championship 2 tahun 2019 oleh Ibnu Ilham Maulana dan Arsyad Ibrahim Musa yang meraih juara I  (medali emas). Akbar Dwiky Fernanda, Jagad Mahfudz S, Asih Chusnul Safitri, Devina Wahyu Anggraini, Tegar Robby Kurniawan yang meraih juara II (medali perak). Ada pula Rike Anugrah Laila, A’as Riska Anjani, Riska Indah, Imtiyaz Adistya Dewantara, Naufal Luthfiansyah Rizal yang meraih juara III (medali perunggu) yang didampingi oleh Siti Wilda Amaliya, S.Pd dan Hari Supraptono.

by digijurnalist team 1.1 MANSALATIGA

Dalam lomba Pionering Kodim 0714 Salatiga diantaranya adalah lomba Jelajah Pramuka tingkat Kota Salatiga, yang meraih juara II dalam cabang Dinamika Kelompok tingkat kota yang diwakili oleh Dhanny Mulya, juara II dalam cabang Peduli Lingkungan diwakili oleh Denisa Faridhatul Aini. Lomba Galang Temu Pramuka Penegak sekota dan kabupaten yang meraih juara I putra dalam cabang lomba cerdas cermat yang wakili oleh Achif, juara II putra dalam cabang lomba ESSAY yang diwakili oleh Abiyu. Lomba Pionering Kodim yang meraih juara I putra yang diwakili oleh, Ahmad Khadiq alfarisi, juara II putra yang diwakili oleh Riyo Hendry,  juara I putri yang diwakili oleh Rafifah Kusuma, juara II putri yang diwakili oleh Davina Ema, dan juara umum Lomba Pionering Penegak tingkat kota dan kabupaten diwakili oleh Febrian Rida Saputra yang didampingi oleh Irfiah Firoroh, S.Pd, M.Si.

by digijurnalist team 1.2 MANSALATIGA

Dalam lomba Story Telling in Students English Competition (SENSATION) 2019 for Senior High School in Regional Level meraih Harapan I  diwakili oleh Khodijah Munawar yang didampingi oleh Sarinah, S.Pd.

by digijurnalist team 1.3 MANSALATIGA

Dalam Lomba Hadrah dalam acara Arabic Fair 2019 meraih juara I yang diraih oleh M.Miftakhul Rizqil M, Wafiq Faruq Arrasyid, Miftakhul Khusni D, M fajar Taufiq, Andi,  Nabilah Tsabitul A, Aisyah Nur H, Nurul Andriyani, Agustina Anggraeni, dan Fardani yang didampingi oleh Imam Fauzi, S.Ag, M.Pd.

by digijurnalist team 1.4 MANSALATIGA

Dalam Lomba PMR Youth Red Cross Competition Se Indonesia di Universitas Negeri Semarang, meraih juara I Pendidikan Remaja Sebaya diwakili oleh Ifah Shohifana yang didampingi oleh Shofiana Rosyidah. 

 

Menurut pendapat Handono, S.Ag, M.Pd, “Anak-anak yang berprestasi tadi bagian dari mewujudkan visi dan misi MAN Salatiga yang unggul, berprestasi, berakhlak karimah, dan terampil. Dengan berprestasi, berarti mewujudkan visi dan misi Madrasah Aliyah Salatiga.”

 

By. Jurnalis tim

 

 

 

 

 

4 thoughts on “UPACARA KESAKTIAN PANCASILA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *