Akreditasi A

SUPERVISI UJIAN MADRASAH OLEH TIM KANWIL PROV JATENG DI MAN SALATIGA

WhatsApp Image 2021-03-19 at 22.09.02

MAN Salatiga – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Jum’at (19/03/21) menugaskan Ika Widyawati jabatan Bagian Analisis Mutu pendidikan dan Munif Ma’nawi jabatan bagian Perancang Sarana & Prasana pendidikan untuk melaksanakan pemantauan pelaksanaan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dilaksanakan pada tanggal 15 Maret s.d 10 April 2021di MAN Salatiga. Pelaksanaan Pemantauan Supervisi, didampingi oleh Pengawas Madrasah jenjang MTs dan MA, H. Saefudin.

Pemantauan atau Supervisi Ujian Madrasah ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dan memastikan apakah pelaksanaan ujian madrasah sudah sesuai dengan regulasi yang ada serta penyampaikan kendala dan permasalahan.

Handono selaku Kepala MAN Salatiga menjelaskan bahwa, “Ujian Madrasah di MAN Salatiga menggunakan aplikasi X-Candy CBT yang sudah dimodifikasi engine-nya dengan tampilan mirip UNBK. Kelebihannya wali kelas bisa memantau secara realtime, aplikasi telah dipasang VPS (Virtual Private Server), serta dilengkapi banyak fitur, salah satunya fitur anti curang (fitur ini berfungsi untuk meminimalisir tingkat kecurangan peserta ujian).”

“Tahun ini, pelaksanaan Ujian Madrasah diserahkan kepada Satuan Kerja masing-masing, sehingga penyusunan instrumen soal dibuat oleh guru sesuai pakta integritas dan karakteristik Higher Order Thinking Skills (HOTS), input soal, validasi soal dan kontrol peserta ujian oleh tim Ujian Madrasah dilakukan setiap hari.” ungkap Kepala MAN Salatiga.

Setelah melakukan audiensi Pelaksanaan Ujian Madrasah, tim supervisi melakukan survey ke ruang Tim Ujian Madrasah sekaligus memperoleh paparan aplikasi Ujian Madrasah yang digunakan oleh MAN Salatiga.

“Semua terlayani, Mantap MAN Salatiga”, ujar Ika Widyawati.

Kepala MAN Salatiga dengan pelaksanaan Ujian Madrasah ini berharap, “Semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat dan memberikan pelayanan penuh tanggung jawab sehingga memperoleh hasil sesuai harapan.” (H: Maju Berinovasi & Berprestasi)

2 thoughts on “SUPERVISI UJIAN MADRASAH OLEH TIM KANWIL PROV JATENG DI MAN SALATIGA

    1. Terimakasih, dukungan dan doa selalu menjadi semangat bagi MAN Salatiga menuju Madrasah bertaraf Nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *