Akreditasi A

Kemah Pembentukan Karakter Dan Latihan Dasar Kepemimpinan

IMG_5778

 

 

BANYUBIRU – Pada hari Sabtu (14/12/2019) sampai Minggu (15/12/2019) MAN Salatiga mengadakan kemah yang diikuti oleh 10 dan anggota Kapi MAN Salatiga. Kemah ini berjudul “Kemah Pembentukan Karakter Dan Latihan Dasar Kepemimpinan Untuk Siswa-siswi Kelas 10 MAN Salatiga”. Kegiatan ini diadakan di Pusdik Binmas Polri Banyubiru yang bertujuan untuk membentuk karakter dari peserta didik.

Kemah ini diawali dengan pembukaan dari Ibu Kapadiklat dan pembacaan amanat oleh Drs, Arum Priyono. Kegiatan yang kedua, diisi dengan pemberian motivasi yang berisi materi tentang bela negara dan potensi diri yang dibimbing oleh KAPOL JUWADI TEAM. Kegiatan yang ketiga adalah pelatihan dasar PBB di Lapangan R. Oetomo. Kegiatan yang ke empat diisi dengan materi kenakalan remaja dan ketertiban berlalu lintas oleh AKP Ady Pratikno, S.H. TEAM. Lalu mereka diarahlan ke barak, untuk laki-laki diarahkan ke aula, sedangkan untuk perempuan diarahkan ke domitorynya masing-masing. Malam harinya, diadakan upacara api unggun yang berlangsung dengan khidmat dan menjadikan suasana menjadi lebih hangat diiringi dengan pembacaan Dasa Dharma.

“Pendidikan di Indonesia menekankan pada pembentukan karakter siswa dan siswinya. Olehkarena itukami dari MAN Salatiga bekerja sma dengan Pusdik Binmas Polri Banyubiru untuk membentuk karakter siswa-siswi MAN Salatiga.” Kata Uci Artia, S.Pd.I selaku kakak Pembina.

“Senang karena kemah itu menyenangkan. Senangnya karena kita dibujuk untuk mengikuti PBB walaupun kita capek namun kita mendapatkan manfaatnya bersama kakak-kakak dari kepolisian. Lalu dilanjutkan tentang materi-materi lalu lintas, kita bisamendapat ilmu yang lebih banyak lagi dan bisa lebih tertib lagi saat berlalu lintas dijalan raya.” Kata Zidan Luqman selaku peserta kemah.

“Lalu dihari kedua ada senam bersama, itu pastinya menyenangkan. Dan untuk outbond saya rasa cukup menarik. Tidak lupa api unggun taddi malam, cuaca beserta suasananya sangat menyenangkan.” Tambah Zidan Luqman.

Selain kemah dan LDK, ada juga pelantikan para anggota Kapi menjadi Bantara MAN Salatiga. Pelantikan inidiadakan dihari pertama pada sore hari. Para calon Bantara disiram dengan air bungan mawar yang merupakan salah satu adat MAN Salatiga dari generasi ke generasi. Dengan adanya pelantikan ini, para anggota Bantara yang baru diharapkan amanah dalam menjalankan tugas.

Di hari berikutnya, siswa-siswi MAN Salatiga melaksanakan senam pagi. Para siswa-siswi tampak bersemangat dan atraktif. Acara selanjutnya adalah outbond yang bertujuan untuk mengajarkan kememiminan, tanggung jawab, kerja sama tim, motivasi, dan percaya diri. Outbond ini dipimpin oleh IPTU Suharno, S.Sos., M.Si team. Kegiatan ini terdiri dari merayap tambang, pemindahan benda berbahaya, permainan air, dan naik turun tebing. Kegiatan kemah dan LDK ini diakhiri dengan upacara penutupan oleh AKP Hadi Siswo, S.H., M.Si team.

 

 

Oleh Tim Jurnalistik ALNESA

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *