Akreditasi A

Siswa-Siswi MAN Salatiga Lakukan Kunjungan Ke Hortimart

IMG_0072

 

 

 

SALATIGA – Suatu keberuntungan bagi siswa-siswi MAN Salatiga, terutama kelas X MIPA 1-4.Mereka berkesempatan berkunjung dan belajar bersama,pada tanggal 9-10 Oktober 2019 di Hortimart Agro Center, yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto No 55 Bawen, Kab. Semarang.Kunjungan yang diadakan dalam rangka pembelajaran ini,disambut dengan antusias oleh para siswa-siswi MAN Salatiga.Mereka mengatakan bahwa, kegiatan ini sangat menyenangkan sekaligus dapat menambah wawasan mereka.

by digijurnalist team 1.1 MANSALATIGA

 

Hortimart Agro Center sendiri adalah sebuah kebun buah, yang dahulunya merupakan bekas kebun cengkeh milik PT.Cengkeh Zanzibar yang didirikan oleh Ir.Budi Dharmawan (kwik Kian Djin adik dari ahli perekonomian Indonesia Kwik Kian Gie).HAC terbuka untuk siapa saja yang mau belajar. HAC sendiri, berdiri dilahan seluas 27 ha, di sini siapa saja dapat belajar, berwisata dan berbelanja. pariwisata ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para siswa, antara lain sebagai media untuk belajar, khususnya belajar budidaya tanaman, jadi dapat mempelajari lebih lanjut tentang budidaya tanaman atau bagaimana proses penjualan yang ada di HAC.

Di Hortimart,siswa-siswi MAN Salatiga diajak untuk berkeliling kebun dan melihat tanaman apa saja yang ada disana.Mereka dibawa berkeliling kebun melihat tanaman-tanaman yang dibudidayakan di lahan hortimart seperti durian, srikaya, nanas, jeruk, sayur dll dengan berbagai varietas.Tidak hanya berkeliling dan melihat-lihat saja,mereka juga mendapatkan penjelasan dan materi dari pihak Hortimart secara langsung. “Manfaat pariwisata ini bagi para siswa adalah sebagai media untuk belajar ,khususnya belajar budidaya tanaman, jadi dapat mempelajari lebih lanjut tentang budidaya tanaman atau bagaimana proses penjualan yang ada di HAC.”Kata salah satu pegawai Hortimart.


by digijurnalist team 1.2 MANSALATIGA

“Tidak hanya sebagai media pembelajaran.Kami berharap anak zaman sekarang dapat menghargai para petani, dan menjadikan petani menjadi lebih tinggi.”Tambah salah satu pegawai Hortimart.Pihak Hortimart juga berharap anak anak dapat menerapkan apa yang telah mereka ajarkan,misalnya menerapkannya di lingkungan rumah.Anak anak dapat menanam berbagai tanaman dan menjualnya kepasar,atau sebagai langkah awal,anak anak dapat menanam tanaman dan hasilnya bisa dinikmati sendiri terlebih dahulu.

by digijurnalist team 1.3 MANSALATIGA

 

“Tujuan pembelajaran mengapa di HAC, karena di Hortimart terdapat beberapa macam jenis tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat bagi perkembangan pengetahuan anak-anak.Hal ini digunakan sebagai dasar mengembangan ke masa depan karena setiap anak itu pasti mempunyai cita-cita.Dengan adanya kegiatan ini mungkin anak-anak yang selama ini cita-cita nya tertentu saja sehingga disini mereka mulai terbuka, ternyata bidang pertanian itu juga memberikan masa depan yang bagus, sehingga anak-anak saya ajak kesini.Kebetulan materi yang kita ajarkan pada saat ini kaitan nya dengan keanekaragaman hayati, kebetulan yang lebih dekat dengan wilayah Salatiga, ada perkebunan tanaman buah dan tanaman langka yang bisa kita lihat secara langsung, bisa kita pahami bahkan dari sumber materi yang disampaikan oleh pihak Hortimart.Sangat bermanfaat sekali, menambah pengetahuan, dan selama ini mungkin anak-anak belum tahu tentang proses pertumbuhan tanaman.” Kata M. Shidiq Purnomo, S.Pd, H. Selaku pembimbing mata pelajaran biologi.

 

by digijurnalist team MANSALATIGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *